Pegiat

Ismoerdijahwati Koeshandari Rahayu
Anggota Badan Pembina

Doktor Institut Teknologi Bandung dalam Fine Arts ini dalam kesehariannya sangat peduli pada persoalan-persoalan pendidikan, seperti pendidikan bagi anak-anak miskin. Selain mengajar di almamaternya dan di Universitas Adi Buana, Surabaya, Ika juga menjadi pendiri dan pengelola Komunitas Pendidikan dan Perpustakaan “Taboo”, Bandung. Sejak 2007, Ika juga diangkat oleh Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai asesor guru untuk memberikan penilaian kinerja guru mata pelajaran seni dan budaya tingkat SD hingga SMA seluruh Indonesia. Pada 2012, mulai Oktober, Ika juga dipercaya Dirjen Dikti untuk menjadi asesor dosen bidang seni rupa.

Taufan Hidayatullah
Anggota Badan Pembina

Bergabung dengan BIGS sejak 2002. Di sela kesibukannya sebagai Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Bandung, pria yang berkonsentrasi pada perkembangan sosial, seni, dan budaya ini menghabiskan waktu dengan membuat karikatur dan ilustrasi mengenai kondisi politik kontemporer. Dia bahkan menjadi juara pertama dalam kompetisi karikatur internasional yang diadakan Centre for International Private Enterprise (CIPE), Amerika Serikat, pada 2011. Kompetisi tersebut diikuti 1000 karya dari 73 negara.

Siti Fatimah
Direktur

Bergabung di BIGS sejak 2003, perempuan kelahiran Bandung ini adalah alumnus program master Studi Pembangunan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran, Bandung. Beberapa program yang pernah dipimpinnya adalah 1) Regional Technical Assistance for Gender Responsive Decentralized Governance in Asia (khusus untuk Indonesia), 2) Monitoring on ECOSOC Rights in Education, Health, and Economic Sector by Engaging Civil Society in West Java, Papua, and West Papua, 3) Promoting Indonesia Citizen Budget and OBI (Open Budget Index), dan 4) Global Integrity for Indonesia in 2008 and 2009. Saat ini Siti memimpin program Building Bridges for Better Spending in Southeast Asia. Beberapa publikasi yang pernah ditulisnya adalah Pendidikan Politik Anggaran untuk Warga, Persepsi dan Preferensi Politik Orang Bandung, dan Panduan Penyelenggaraan Citizen Report Card.

Markus Christian
Program Manager

Memulai berkarir sebagai penulis beberapa buku populer, Markus bergabung dengan BIGS pada 2005. Ahli media, sekaligus sangat fasih berbahasa Inggris, saat ini Markus aktif melakukan kerja-kerja anggaran di berbagai sektor, di antaranya pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan infrastruktur. Karena keaktifannya dalam melakukan kerja-kerja riset dan advokasi, Markus sempat mendiseminasikan hasilnya pada forum yang diselenggarakan The Brookings Institution. Markus juga merupakan salah satu alumni program tailor-made training mengenai “Governance and Evidence Based Policy Analysis for Local Development” di Maastricht Graduate School of Governance, Maastricht University, Belanda, pada 2010.

Suhud Darmawan
Kolega Senior

Mantan wartawan ini bergabung dengan BIGS sejak 2002 untuk menginisiasi dan mengembangkan Bulletin Anggaran BUJET. Dengan ketertarikan pada media dan komunikasi, dia turut mengembangkan budget journalism di BIGS. Sejumlah tempat di Indonesia sempat didatangi untuk kepentingan riset, advokasi maupun kerja-kerja media seperti Aceh, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, hingga Ambon. Sempat juga mengikuti Workshop on Budget Advocacy di Mexico City. Saat ini Suhud mengembangkan kerja-kerja anggaran dan media di Papua Barat.

Alwin Khafidloh
Kolega Senior

Bergabung dengan BIGS pada 2005. Ibu satu anak ini adalah alumnus Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (Regional and City Planning) ITB. Sempat melakukan diseminasi penelitian mengenai “Dinamika Belanja Pendidikan dan Kesehatan” di Washington, Amerika Serikat, dan juga mengikuti workshop pengawasan pengadaan barang dan jasa di Hong Kong. Selain menjadi kolega BIGS, saat ini Alwin adalah staf ahli salah satu anggota parlemen pusat.

 

Lita Roslita

Keuangan

Bergabung dengan BIGS sejak 2002, alumnus Universitas Padjadjaran, Bandung, ini mencintai buku, serta memiliki minat pada persoalan sosial, serta anak-anak. Ibu empat orang anak ini juga pernah terlibat dalam sejumlah penelitian mengenai buruh dan anak. Kini, Lita bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan program di BIGS.

 

Andriyansyah
Peneliti

Bergabung dengan BIGS sejak 2008. Tugas utamanya adalah mendukung BIGS dalam kerja-kerja riset, pengumpulan data dan koordinasi dengan tim peneliti. Pernah terlibat penelitian tentang monitoring pemenuhan hak-hak ekonomi, sosial, dan budaya yang merupakan program kerja sama antara BIGS dan Komisi Uni Eropa. Saat ini terlibat dalam program Building Bridges for Better Spending in Southeast Asia – IKAT US yang bekerja sama dengan USAID. Memiliki gelar LLB dari Universitas Langlangbuana, Bandung. Andri juga sempat mengikuti program tailor-made training mengenai “Governance and Evidence Based Policy Analysis for Local Development” di Maastricht Graduate School of Governance, Maastricht University, Belanda, pada 2010.

Nur Atnan
Peneliti

Mulai mengenal BIGS sejak masih mahasiswa, ketika menjadi aktivis Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung, pada 2006. Bergabung dengan BIGS sebagai peneliti pada 2009 ketika dilibatkan dalam riset tengang Bantuan Operasional Sekolah (BOS), kerja sama BIGS dengan Partnership for Transparency Fund (PTF). Pria asal Raha, Sulawesi Tenggara ini merupakan lulusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) UNPAD. Sempat mengambil program master dengan beasiswa dari Dirjen Dikti di Universitas Gadjah mada (UGM), Yogyakarta, dengan konsentrasi pada Komunikasi Pembangunan. dengan beasiswa dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) selama 2009-2012. Kini aktif kembali di BIGS dan dipercaya sebagai Program Officer Klinik Anti Korupsi, bekerja sama dengan The Asia Foundation (TAF) dan UNPAD, juga terlibat dalam program Building Bridges for Better Spending in Southeast Asia – IKAT US yang bekerja sama dengan USAID.

Yulita Rosa Rangkuti
Hubungan Media

Mengawali keterlibatannya di BIGS sebagai walnya kontributor lepas Buletin Anggaran BUJET yang pernah diterbitkan BIGS. Bergabung resmi pada 2005, alumnus Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Padjadjaran, Bandung ini, ambil bagian dalam sejumlah penelitian BIGS, diantaranya Analisis Anggaran Belanja Pendidikan dan Kesehatan di Kota Bandung, Kabupaten Sumedang, dan Kota Banjar, serta Provinsi Jawa Barat (2002-2007), Pemetaan Pemangku Kepentingan Sungai Citarum (2008), dan Monitoring Pemenuhan Hak-Hak Ekosob di Sektor Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi (2010-2011), dan Citizen Budget. Pada 2010, mengikuti pula program tailor-made training mengenai “Governance and Evidence Based Policy Analysis for Local Development” di Maastricht Graduate School of Governance, Maastricht University, Belanda. Saat ini, Yulita bertanggung jawab dalam pengelolaan media dan publikasi, juga hubungan media, serta terlibat dalam program Building Bridges for Better Spending in Southeast Asia – IKAT US.

This post is also available in: English